Apakah Emping Menyebabkan Asam Urat ?

Apakah Emping Menyebabkan Asam Urat ?

Selamat Datang Media Informasi sekaligus website resmi  www.caramenurunkanasamurattinggi.com satu satunya pusat suplemen vitamin sekaligus obat herbal yang resmi dan terpercaya.

Kami melakukan pengiriman barang keseluruh wilayah di Indonesia dengan pelayanan terbaik kami “BARANG SAMPAI BARU BAYAR” dan ” POTONGAN HARGA ” untuk jumlah pemesanan tertentu.

Emping Biji Melinjo

Apakah emping menyebabkan asam urat ? – Emping yang menggunakan biji melinjo, kebanyakan orang mungkin mengenalnya sebagai bahan baku keripik atau emping dengan rasa pahitnya yang khas.

Ada yang mepnghindari melinjo karena takut asam urat. Namun, tahukah Anda biji melinjo juga kaya akan antioksidan dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah melinjo tumbuh dalam kelompok pada batang dan cabang batang. Buah melinjo terbungkus kulit tipis di bagian luar dan keras pada lapisan rangka setelah kulitnya tipis. Buah mentah memiliki kulit berwarna hijau. Warna kulit akan berubah dari hijau, kuning dan merah saat matang.

Buah matang jatuh ke atas dirinya sendiri tanpa dipetik. Bagian buah gnetum yang bisa digunakan dari kulit buah untuk makanan ringan serta sayuran dan buah untuk dijadikan emping, sayuran dan aneka produk camilan lainnya. Ukuran biji bisa berkisar antara 1 cm sampai 3 cm.

Biji melinjo mengandung anti-oksidan yang setara dengan vitamin C. Protein utaman dalam biji melinjo sangat efektif untuk menghilangkan radikal bebas, seperti hipertensikolesterol tinggi, penyempitan pembuluh darah, penuaan dini dll.

Kulit Melinjo Mencegah Gout

Profesor Kimia Universitas Negeri Malang menjelaskan bahwa Melinjo, sebenarnya, justru berfungsi sebagai antigout, namun bukan dagingnya. Bersama dengan mahasiswanya, Sri Wulandari, menunjukkan bahwa metabolit sekunder pada kulit melinjo mampu menghambat kinerja oksidan xantin dalam asam urat.

Apakah Emping Menyebabkan Asam Urat ? – Penelitian terakhir telah mencatat bahwa ekstrak etanol kulit melinjo  mentah yang direbus pada konsentrasi 100 ppm dapat menghambat dan menghancurkan kinerja xanthine oxidase dengan allopurinol asam urat setara 19,9 ppm. Namun, kulit melinjo rebus justru memiliki kemampuan penghambatan dua kali lebih baik dari allopurinol.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa kulit melinjo mengandung asam askorbat, tocopherol, flavonoid, saponin dan polifenol sebagai antioksidan untuk meningkatkan aktivitas penghambatan oksidase xantin.

Selain itu, proses perebusan bisa meningkatkan aktivitas antioksidannya. Oleh karena itu, metabolit sekunder dalam kulit biji melinjo cukup efektif untuk mencegah dan mengobati asam urat.

Penelitian yang dilakukan oleh Subandi memberi kabar positif. Penggunaan kulit melinjo sebagai obat alami tentu lebih menguntungkan dari berbagai aspek.

Selain itu, mengonsumsi kulit melinjo dalam jangka panjang juga jauh lebih aman dibanding obat kimia lainnya karena tidak memiliki efek samping bagi ginjal dan organ tubuh lainnya.

Proses melinjo yang diolah dalam bentuk sayur misalnya tidak hanya bijinya yang bisa dimakan tapi juga kulit. Jika biji merupakan pemicu asam urat dalam darah, sebenarnya kulit memiliki zat potensial sebagai obat alternatif dalam menurunkan kadar asam urat.

Sumber : sulbar.litbang.pertanian.go.id

Apakah Emping Menyebabkan Asam Urat ?

Posted By

Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *